Dalam kasus mungkin anda tidak tahu, RAM (dikenal sebagai memori fisik), melayani tujuan menyimpan potongan dari setiap program yang anda buka. Ketika anda mengetik misal “Bos Saya Galak” ke dalam kotak teks dalam program terbuka, setiap huruf akan mengisi ruang di memori fisik anda. Ruang ini dapat dihapus setelah anda menghapus kalimat.
Windows selalu menggunakan RAM untuk menyimpan komponen dari setiap layanan, program dan library yang berjalan. Windows 7, bagaimanapun, tidak satu hal lagi dengan RAM anda: menyimpan data dari setiap program yang mungkin anda gunakan. Fitur ini dikenal sebagaiSuperFetch, dan telah banyak orang mengeluh penggunaan memori Win 7 ini. Windows pada dasarnya pre-records memori untuk aplikasi tertentu sering menggunakan dalam rangka untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan mereka untuk beban. Bagi anda dengan komputer yang tidak memiliki banyak memori untuk bekerja, anda bisa mendapatkan manfaat lebih dari menonaktifkan Superfetch.
Cara Nonaktifkan SuperFetch
1. klik menu Start dan klik “Control Panel” kemudian sebuah jendela baru akan muncul anda klik pada System And Security speerti pada gambar dibawah ini.
System And Security Cara Mencegah Penggunaan Memori Berlebih Pada Windows 72. Setelah anda berada di area “System And Security”, klik “Administrative Tools”.
Administrative Tools Cara Mencegah Penggunaan Memori Berlebih Pada Windows 73. Dalam “Administrative Tools”, anda akan melihat sebuah ikon “Service“. Double-klik pada ikon tersebut dan gulir ke bawah cari “SuperFetch“. Klik kanan “SuperFetch” dan klik “Properties”.
SuperFetch Cara Mencegah Penggunaan Memori Berlebih Pada Windows 74. Setelah di “Properties”, klik kotak pada drop menu “Otomatis” anda ubah ke pilihan “Disable” kemudian klik tombol “Stop” Dan tunggu Aplikasi akan berhenti “Stop”. Setelah itu, klik “OK”. Lihat gambar dibawah.
SuperFetch Disable Stop Cara Mencegah Penggunaan Memori Berlebih Pada Windows 7Setelah anda menonaktifkan Superfetch, anda akan melihat komputer anda memiliki ruang lebih. Jika efek ini tidak terjadi cobalah, restart komputer anda. Alasan lain komputer jika tidak terjadi, anda mungkin menggunakan banyak memori, terkena virus, atau menjalankan program yang memiliki kebocoran memori. Untuk memecahkan masalah ini, tutup setiap program anda jalankan satu-per-satu dan memonitor penggunaan memori anda setelah program ditutup menggunakan task manager (Ctrl + Shift + Esc).