Lazada Philippines
Lazada Indonesia

INDONESIA BLOGGER

Minggu, 21 Oktober 2012

INSTAL MAC OSX DI PC (HACKINTOSH VERSION)


Download Here
Download Here
Sebelum kita yakin untuk menginstall Mac OS X versi Hackintosh, ada baiknya kita perlu mengetahui definisi dari “Hackintosh” sendiri.
Definisi Hackintosh yang saya ambil dari berbagai sumber :
1.PCMag
Sebuah versi patch sistem operasi Mac yang memungkinkan Mac OS X untuk dijalankan pada PC biasa, bukan komputer Mac dari Apple. Juga disebut sebagai “Hackintosh,” sebuah mesin OSx86 adalah sah Mac clone yang muncul setelah Apple pindah ke Intel CPU, mulai tahun 2006. OSx86 menggunakan Mac OS X sistem operasi perangkat lunak diubah dengan patch dari berbagai sumber, dan patch baru harus dibuat tersedia dengan setiap versi baru dari Apple. X86 BIOS PC juga harus diperbarui untuk mendukung boot Apple antarmuka (lihat UEFI). Selain itu, pembaruan perangkat lunak Apple reguler tidak dapat diterapkan pada sebagian besar
2.Wikipedia
OSx86 (a portmanteau dari OS X dan x86) adalah sebuah kolaborasi “hacking” proyek untuk menjalankan Mac OS X sistem operasi komputer non-Apple komputer pribadi dengan prosesor arsitektur x86. Upaya dimulai segera setelah Juni 2005 Worldwide Developers Conference pengumuman bahwa Apple akan mentransfer komputer pribadi mereka dari PowerPC ke Intel mikroprosesor.
Sebuah komputer ini dibangun untuk menjalankan jenis Mac OS X juga dikenal sebagai Hackintosh, yang merupakan portmanteau dari nama OS utama Apple, Macintosh, dan hack.
Kembali ke topik utama,sebelum menginstall ada baiknya kita cari referensi distro apa yang cocok ma spek hardware pc kita.Karena spek hardware di pc anda sangat menentukan dalam langkah selanjutnya untuk pemilihan distro.
Sebelum menginstall terlebih dahulu berdoa disertai niat dan usaha karena kalau nasib anda mujur tak ada kendala dalam penginstallnya.Tapi lox gak mujur bisa format partisi nyame 7 kali(he..he..).Untuk yang pertama kali install hackintosh saya sarankan untuk wajib kenali system anda,ada baiknya gunakan software macam everest home atau sisoft sandra untuk lebih detil hingga device ID.
1.Menyiapakan partisi untuk Hackintosh
Sediakan partisi kosong(requipment min 12G),jangan lupa kudu diset “primary”.Kemudian boot from dvd masukkan installer Mac OS X Hackintosh distro apa yang hendak anda install.
Kemudian tekan F8 dan ketikan -V untuk lebih detailnya mengetahui lok ada error.Kemudian kalau muncul “still root for device” kemungkinan itu conflig dengan hardware anda.
-yang saya alami ketika menemukan masalah tersebut dengan solusi :
a.mengganti DVD dengan DVD SATA.
b.taruh utuk penempatan DVD di sata1 dan Hardisk pada sata2.
c.ada juga system yang untuk hardware Mouse&Keyboard PS2 berhasil detect tapi untuk berjaga-jaga gunakan Mouse&Keyboard USB.
d.dan untuk burning masternya gunakan kecepatan yang minimal 4x/6x agar tidak corrupt.
Kembali ke topik awal setelah tidak ada kendala dan sampai ke tahap installasi,baca readme dalam install kemudian ikuti petunjuk.Kemudian masuk ke “Disk Utility”,pilih partisi yang udah ditentukan kemudian di “Erase” dan di format extended journaled.Kemudian di tutup dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.
2.Pemilihan system yang akan di gunakan(Customized)
Ini tahap pemilahan system yang sangat PENTING!!!,penting karena kalau anda salah menetukan pemilihan system yang sesuai dengan spek PC anda di pastikan sampai akhir installasi kompie anda akan “Hang”.maka kenali system anda dari driver sound,vga,chipset,bandwite RAM,ethernetnya anda mengetahuinya.
Setelah anda yakin dengan pemilihan system anda lanjutkan ke tahap installasi sampe selasai.Dan lok gak ada masalah Mac PC anda siap digunakan,dan dah sama ma yang asli.(he..he..)
3.Bootloader
Untuk system yang baru 10.5.7 biasanya sudah diinclude kan chameloon 2,gunakan itu untuk pengaturan bootloader lox anda ingin menggabungkan,misal 2 OS Hackintosh dengan Windows,atau lebih mudahnya untuk pengaturan Bootloader gunakan “LINUX”
Semoga berhasil..Yang terpenting Berdoa,Usaha Pantang Menyerah.Kalau ada kendala cari referensi dari mbah google atau masuk ke forum:
1.http://mac-inul.com/index.php
2.http://www.insanelymac.com/
3.http://hackintosh.org/
Maaf untuk snapshootnya waktu install di PC belum saya ikut sertakan dalam artikel ini.Lain kali akan saya tambahkan.Dan ini snapshoot Mac OS X Hackintosh dengan Distro Iatkos 10.5.8 dengan sistem operasi lain U buntu Ultimate 2.3,Arch Linux,OpenSuse 11.1 dan Windows Seven Build 7600.
Hakintosh


http://cache.gizmodo.com/assets/images/4/2008/04/oqoleopard1.jpg

Bermacam cara menikmati Sistem Operasi Mac di PC anda

Hackintosh on PC
Banyak yang mengira bahwa sistem operasi mac hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki hardware buatan Apple. Kenyataannya dahulu memang demikian, yaitu ketika Apple masih menggunakan powerPC sebagai prosesor di beberapa hardware buatan mereka. Laptop lawas buatan Apple macam iBook maupun PowerBook masih dipersenjatai oleh PowerPC buatan IBM sebagai prosesornya. Artinya dengan prosesor berarsitektur ini mustahil bagi hardware non-aple untuk menjalankan sistem operasi mac. Mengapa? Karena arsitektur prosesor menentukan bisa atau tidaknya sebuah sistem operasi bekerja. Begitu kira-kira gambaran mudahnya.
Nah, ketika Apple pada tahun 2007 kemaren beralih menggunakan Intel sebagai platform prosesornya menggantikan PowerPC kemustahilan tadi mulai sedikit menghilang. Jelas karena Intel mempunyai arsitektur x86, arsitektur yang digunakan di kebanyakan pengguna PC dunia saat ini. Artinya operating sistem Mac saat ini disesuaikan dengan platform barunya, yaitu Intel Processor. Muncul pertanyaan. Apakah dengan begitu kita bisa meng-install mac di PC kita? Harusnya bisa dong, kan PC kita juga sama-sama berprosesor Intel atau berarsitektur x86. DAn jawabannya mudah saja, bisa.
Ada beberapa macam cara untuk mencoba mencicipi sistem operasi mac di PC kita. Tentunya saya tidak akan menjelaskan prosesnya secara detail, karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk proses atau walkthrough step by step-nya bisa anda lihat sendiri di situs terkait. Atau anda bisa menunggu buku saya yang Insya Allah tidak lama lagi akan terbit mengenai panduan lengkap install mac di PC anda … Sekalian promosi nih :p
OK, setidaknya ada 3 cara yang sejauh ini bisa dicoba :
1. Hackintosh
Hackintosh sebenarnya adalah plesetan dari kata Hack a macintosh. Nama resminya adalah OSX86, yaitu Mac yang dipaksa atau dipatch sana-sini agar sesuai dengan hardware PC yang kita gunakan. Dengan menggunakan Hackintosh artinya anda sedang mencoba mengakali sistem mac anda agar dia seolah-olah menganggap bahwa PC anda adalah sebuah hardware native mac ( Buatan Apple ). Hackintoh mensupport Mac OS X Tiger 10.4 maupun Mac OS X yang terbaru yaitu Leopard 10.5.6. Anda bisa membeli installer hackintosh ini di beberapa toko komputer atau di forum-forum macam kaskus atau macclubindonesia.
Hackintosh mempunyai banyak versi,namun versi itu terbagi menjadi 2 kutub besar yaitu Hackintosh for AMD processor dan Hackintosh for Intel Prosesor. Untuk yang AMD anda bisa menggunakan Zephyroth, Lawless for AMD, iATKOS v4a for AMD, dan Leopard 10.5.2 AMD EFI Rev.2 . Sedangakan untuk Intel anda bisa menggunakan Kalyway, iDeneb, Tubgirl dan lain-lain . Namun hackintosh keluaran yang terbaru sekarang telah mensupport kedua prosesor tersebut. Artinya anda bisa menggunakan DVD Installer Hackintosh tersebut untuk PC berprosesor AMD maupun Intel. JEnis hackintosh terbaru ini antara lain Hackintosh Xxx , iPC dan Leo4All universal.
Jadi intinya Hackintosh berbentuk semacam DVD yang didalamnya berisi sistem operasi Mac yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu dijalankan di hardware yang anda miliki.
hackintosh_pc_osx
2. Boot-132
Boot-132 pada prinsipnya hampir sama dengan hackintosh. Yang membedakannya adalah anda bisa menggunakan Installer Retail Mac OS X yang asli untuk di-boot di PC anda. Installer retail adalah installer sistem operasi mac yang asli yang dibuat Apple untuk hardware-hardwarenya. Sebelum anda memasukkan installer retail di PC anda, anda diharuskan untuk memasukkan CD boot-132 untuk memberikan jalan pada sistem PC anda agar mengenali installer retail yang akan anda masukkan. Anda bisa mengunduh Boot-132 di link berikut :
http://www.insanelymac.com/forum/index.php?showtopic=125438
3. Live DVD Mac
Seperti namanya, Live DVD disini berarti anda bisa merasakan mac hanya dengan mem-boot PC anda dari DVD live mac. Anda tidak harus meng-install mac di hard drive anda. Anda akan langsung masuk dan merasakan environtment desktop mac ketika proses booting teah berhasil dijalankan dengan baik.
Anda bisa langsung melihat detail penjelasan dari Live DVD ini dari link berikut :
- http://www.infinitemac.com/f39/mac-os-x-live-dvd-is-here-t1868/
- http://www.insanelymac.com/forum/lofiversion/index.php/t45856.html
Kira-kira begitulah cara simple yang bisa anda lakukan untuk mencicipi mac di PC anda. Untuk kinerjanya sendiri sangat ditentukan oleh spesifikasi dari hardware yang anda miliki. Tidak semua periferal didukung penuh oleh hackintosh. Anda perlu melihat kembali jenis hardware apa yang anda punyai lalu mencatatnya untuk kemudian berusaha mencari driver yang cocok agar hackintosh anda mau berjalan dengan lancar. Untuk daftar hardware apa saja yang didukung penuh oleh Hackintosh/OSX86, anda bisa melihatnya di link berikut : http://wiki.osx86project.org/wiki/index.php/Main_Page
Selamat mencoba! Cheerss!
nih saya kasih gambar-gambar hackintosh yang berhasil di instal di pc

Semoga Artikel ini dapat berguna.Kritik dan Saran membangun saya harapkan dari rekan-rekan.Karena saya juga masih belajar..

Update
tutorial instal with

Lenovo Thinkpad T60 / T60p



Download Here
Download Here



Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You

0 komentar:

Posting Komentar