Lazada Philippines
Lazada Indonesia

INDONESIA BLOGGER

Minggu, 21 Oktober 2012

Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson

Pada beberapa smartphone android dari Sony (Sony Ericsson), istilah Unlock Bootloader rasanya masih jarang kita dengar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial Unlock Bootloader pada smartphone Sony (Sony Ericsson) beserta penjelasannya.

Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson ImageUnlock Bootloader sejatinya ialah proses membuang/membuka proteksi pada system os yang terpasang. Tapi dengan mengunlock bootloader, bukan berarti smartphone anda sudah ter root. Karena status Root pada smartphone android dari Sony hanya sebatas pada akses-akses administrator tertentu dan bukan akses penuh seperti tujuan Unlock Bootloader.
Ada beberapa step yang akan dilalui proses unlock bootloader. Namun sebelumnya anda harus mengetahui konsekuensi negatif dari proses melakukan Unlock Bootloader yaitu ;
  • Garansi akan hangus secara otomatis. Namun ini akan tidak berlaku jika pada saat proses klaim garansi, pihak pabrikan/distributor tidak teliti atau tidak mengecek sama sekali kondisi device anda yang sudah terunlock Bootloader tersebut.
  • Smartphone android anda tidak bisa menerima update melalui PC companion atau OTA (over the air) dan beresiko mengalami Brick (mati total karena kegagalan instalasi os).
Namun pada dasarnya banyak para pengguna smartphone android dari Sony (Sony Ericsson) yang melakukan proses Unlock Bootlader dengan alasan bahwa mereka ingin memodifikasi os yang tertanam pada device mereka dengan harapan bisa lebih fleksibel untuk dimodifikasi, meningkatkan performa dan lain-lain. Beberapa keuntungan dari Unlock Bootloader yaitu ;
  • Bisa memodifikasi os yang terpasang dan menggantinya dengan pilihan custom rom yang disediakan banyak oleh para developer.
  • Bisa merubah atau mengganti sistem yang menghubungkan antara hardware dan software yang biasa disebut kernel.
  • memasang tema yang sudah dicustom
  • memasang Clock Workmod Recovery (CWM).
Step-step proses Unlock Bootloader ;
A. Proses Registrasi Unlock Bootloader pada Website Sony.
1. Download dan instal driver/PC Companion disini dan ekstrak file fasboot dalam sebuah folder.
2. Masuk ke site official Sony untuk Unlock Bootloader disini dan klik Start unlocking the boot loader pada bagian paling bawah.
Setelah page web nya terganti, klik Continue pada bagian paling bawah
3. Lalu klik Yes I’m Sure
Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson Image
4. Pada bagian Legal Terms, Ceklis 2 kolom lalu klik I accept
Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson Image
5. Masukan nama, 14 digit imei (1 nomor dibelakang tidak usah ditulis), dan email dan setelah itu klik Submit.
Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson Image
6. Lalu akan muncul kode key untuk Unlock Bootloader. Catat key tersebut pada Notepad agar tidak hilang.
Tutorial Unlock Bootloader Smartphone Android Sony dan Sony Ericsson Image
B. Proses Unlock Bootloader
  1. Matikan device Sony anda.
  2. Tekan tombol Option pada device Sony anda sambil sambungkan ke PC
  3. Jika Pada PC terdapat notifikasi menginstal driver sebaiknya dibiarkan saja.
  4.  lampu led pada device Sony anda terlihat berwarna biru, maka itu artinya driver fastboot sukses terpasang dan device anda sedang berada pada mode fastboot.
  5. Arahkan mouse ke folder fastboot yg tadi didownload dan sudah diekstrak td. Tekan shift + klik kanan mouse anda pada folder fastboot, lalu pilih optionopen command window herehingga nanti membuka jendela CMD.
  6. Pada CMD yang tadi telah terbuka, ketikan fastboot.exe -i 0x0fce getvar version
  7. Setelah itu, ketikan fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xKEY (key yang dimaksud adalah kode Unlock Bootloader yang didapat dari proses registrasi Unlock Bootloader di Website Sony)
  8. Biarkan prosesnya selesai. Jika terlihat tulisan blocked erased pada proses tersebut maka smartphone Sony/Sony Ericsson anda sukses Unlock Bootloader
  9. Setelah itu, cabut device anda dari PC dan copot baterai selama 5 menit lalu nyalakan kembali.
Proses Unlock Bootloader sangat memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Tulisan di atas adalah implementasi dari pengalaman penulis ketika melakukan Unlock Bootloader yang berakhir sukses. Jika anda sudah mencoba step by step di atas, namun hasilnya berbeda, maka itu bukan bagian dari tanggung jawab penulis.
Jika anda berani mengambil semua resiko, silahkan anda ikuti petunjuk di atas. Jika anda tidak berani mengambil resiko, lebih baik anda bawa gadget anda ke service center dan jangan pernah ambil resiko untuk melakukan unlock BootLoader sendiri.
Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai proses ini, jangan pernah ragu untuk bertanya dengan cara meninggalkan komentar di bawah ini.



Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You

0 komentar:

Posting Komentar